Like FansPage

Powered By Blogger Widgets

Saturday 12 October 2013

Project -Project VB dan Pengertian nya

A.   PROJECT – PROJECT VISUAL BASIC
-      Project (Proyek)
     Proyek adalah file pusat yang mengelola dan mencatat seluruh file-file yang dibutuhkan untuk membentuk suatu aplikasi. File proyek ini akan menyimpan semua komponen, perubahan, serta apa saja yang berhubungan dengan aplikasi. Proyek ini akan disimpan pada file dengan akhiran VBP.
     Untuk melihat dan mengelola semua file yang mendukung aplikasi yang kita buat, disediakan sebuah Jendela Project Explorer. Project Explorer ditampilkan dalam
bentuk struktur pohon. Kita bisa mengklik tombol bertanda minus (-) untuk menutup cabang, atau tombol bertanda plus (+) untuk membuka / menampilkan cabang. Untuk bekerja pada komponen tertentu, klik ganda pada komponen tersebut. Contoh jika kita memiliki tiga buah form, utnuk menampilkan form yang ingin diedit atau dimanipulasi, klik ganda pada nama form tersebut pada jendela Project Explorer.
     Pada bagian atas Project Explorer ini terdapat tiga buah icon yang berfungsi untuk memanipulasi komponen-komponen pada aplikasi Visual Basic. Ketiga tombol tersebut adalah :

TOOLBAR
NAMA
FUNGSI
 
View Code
Menampilkan Jendela Code
 
View Object
Menampilkan Jendela Form
 
Toggle
Folders
Mengubah-ubah tampilan folder pada jendela Project Explore


     Pada Project Explorer ditampilkan dua buah aspek penting dari proyek yaitu ;
1.     Nama Internal  yang digunakan di dalam proyek. Nama ini yang menjadi identitas dari sebuah objek.
2.    Nama File Eksternal yang digunakan untuk menyimpan komponen-komponen aplikasi. Nama file ini ditulis di dalam tanda kurung pada jendela Project Explorer.

Gambar 1. Project Explorer menampilkan semua file yang mendukung aplikasi

Sebagai contoh pada gambar di atas, aplikasi yang ditampilkan pada Project Explorer mengandung file- file sebagai berikut :

NAMA KOMPONEN
NAMA FILE
KETERANGAN
Project1
StepUp.vbp
File Proyek
Form1
StepUp.frm
File Form
Module1
StepUp.bas
File Modul

     Aplikasi di atas memiliki tiga buah file, yaitu file proyek, file untuk form, dan file untuk modul. Pada tabel di atas, nama komponen adalah nama internal yang diberikan sebagai identitas komponen tersebut di dalam Visual Basic. Pada keseluruhan pemrograman nanti, nama inilah yang akan digunakan jika dibutuhkan di dalam proses pemrograman. Tetapi komponen di atas disimpan di dalam hard disk tidak harus dengan nama internalnya. Contoh, komponen form yang memiliki nama internal Form1 disimpan dalam file dengan nama StepUp.frm.

     Saat aplikasi disimpan, Visual Basic juga akan meminta menyimpan semua file pendukung aplikasi tersebut.  Misalnya file form yang berahiran FRM, file modul yang berakhiran BAS, dsb. Kita bisa memberi nama apa saja untuk file-file ini, tetapi agar tidak membingungkan sebaiknya berilah nama yang masih berhubungan dengan file proyek utama (lihat contoh di atas).   

0 comments:

Tukar Link

Comment

 

Blogger news

Mohon Like Ya :D, Like This !!!

×

Powered By Blogger Widget and Get This Widget