Like FansPage

Powered By Blogger Widgets

Friday 5 October 2012

Coding PHP Jadi Mudah dengan Netbeans IDE 7.2

Jika kita ingin mengusai sebuah bahasa pemerogramman khususnya dalam bahasa pemerogramman PHP, kita dituntut untuk menghafal semua listing code atau sintaksis bahasa PHP tersebut. PHP merupakan bahasa pemerogramman yang kodenya mudah ditulis tanpa harus di compile untuk menjalankannya, cukup dengan Server PHP, PHP sudah dapat diterjemahkan dan ditampilkan ke browser. Karena kemudahannya dalam menuliskan kode, kita cukup menulisnya di Notepad (bagi pengguna Windows) atau Gedit/Kwrite (bagi pengguna Linux). Memang dengan program penulisan sederhana tersebut kita dapat menulis kode PHP, akan tetapi terkadang kita suka lupa sintaksis dari kode PHP, yang akhirnya kita harus membuka buku pemerogramman kita lagi atau mencari di internet.

Inilah yang membuat menjadi lama ketika kita menulis kode PHP. Berkat adanya software pengelola kode PHP yang bersifat IDE (Integrated Development Environment), menjadikan kita mudah dalam berkoding PHP. Software atau program pengelola kode PHP memang banyak sekali dari mulai yang berbayar sampai yang gratis pun ada. Di artikel ini saya akan memberikan sebuah ulasan tentang software pengelola kode PHP yang gratis :D yakni NetBeans IDE. Perlu ditekankan tidak berarti yang gratis itu tidak bagus, justu dengan kehadiran NetBeans IDE ini yang merupakan salah satu program yang free dan open source yang keren :D
NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra (dan terus bertambah!). Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama. Saat ini terdapat dua produk : NetBeans IDE dan NetBeans Platform.
The NetBeans IDE adalah sebuah lingkungan pengembangan – sebuah kakas untuk pemrogram menulis, mengompilasi, mencari kesalahan dan menyebarkan program. Netbeans IDE ditulis dalam Java – namun dapat mendukung bahasa pemrograman lain. Terdapat banyak modul untuk memperluas Netbeans IDE. Netbeans IDE adalah sebuah produk bebas dengan tanpa batasan bagaimana digunakan.
Tersedia juga NetBeans Platform; sebuah fondasi yang modular dan dapat diperluas yang dapat digunakan sebagai perangkat lunak dasar untuk membuat aplikasi desktop yang besar. Mitra ISV menyediakan plug-in bernilai tambah yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam Platform dan dapat juga digunakan untuk membuat kakas dan solusi sendiri.

Kedua produk adalah kode terbuka (open source) dan bebas (free) untuk penggunaan komersial dan non komersial. Kode sumber tersedia untuk guna ulang dengan lisensi Common Development and Distribution License (CDDL).
Dalam artikel ini saya hanya membahas tentang NetBeans IDE khusus untuk PHP-nya saja
Download Netbeans, dan pilih PHP.
http://netbeans.org/downloads/index.html

Dibutuhkan JRE untuk menjalankan Netbeans IDE
http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html

Download NetBeans dan JRE sesuai dengan OS yang Anda gunakan. Anda bisa memilihnya dengan mengklik “Platform”



Klik untuk memperbesar gambar
Cara Menginstall pada Fedora 16/17
Buka Terminal dan masuk sebagai root caranya :
Jika tanda $ sudah menjadi # itu tandanya Anda sudah memasuki root. Kemudian install JRE nya dengan cara:
Setelah menginstall JRE langkah selanjutnya, masuk ke Terminal dan ketik
Saya gunakan perintah ls untuk mengecek user yang sedang kita gunakan. Untuk ali itu adalah user yang saya gunakan di Fedora saya, oleh karena itu sesuaikan dengan nama User yang sedang Anda gunakan di Fedora Anda. Kemudian ketik:

Klik, Next-Next aja sampai selesai :D . Jika sudah selesai, Anda buka Activities–>Applications–>Programming dan Anda pilih NetBeans IDE. Jika berhasil NetBeans IDE akan berjalan sesuai dengan sebagai mana mestinya
























Sumber : Nashap.Com




0 comments:

Tukar Link

Comment

 

Blogger news

Mohon Like Ya :D, Like This !!!

×

Powered By Blogger Widget and Get This Widget